Senin, 12 Mei 2014

PENGABDIAN MASYARAKAT


“Himap On Education Day, Berbagi Dengan Hati
Berbagi Tak Pernah Rugi”
 

         Menjelang datangnya bulan Mei, Himpunan Mahasiswa Pemerintahan mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan yang merupakan satu dari sekian program kerja dimana divisi Eksternal menjadi penanggung jawabnya ini untuk memperingati HARDIKNAS (hari pendidikan nasional) yang diperingati setiap tanggal 2 Mei.  Pengabdian Masyarakat dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 Mei 2014 dan diisi dengan kegiatan belajar dan bermain bersama adik adik di Yayasan Bahrul Ulum, Desa Kucur, Kecamatan Dau, Malang.

         Tak jauh berbeda dari proker lainnya, susunan kepanitiaan pengmas ini berasal dari perwakilan dari setiap divisi yang ada di Himap. Sedangkan ketua pelaksana sendiri dari divisi Eksternal, Arief Ilhamsyah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengurus Himap dan dewan pemerintahan. Pengabdian Masyarakat di Yayasan Bahrul Ulum ini merupakan bentuk kerjasama himap dengan Care Moslem Childrean (CMC).
         Sebelum berangkat menuju yayasan, seluruh peserta pengmas berkumpul terlebih dahulu di sekretariat himpunan mahasiswa pemerintahan pada pukul 13.00. Jarak dari kampus ke yayasan sendiri memakan waktu 30 menit. Karena itu seluruh peserta berangkat bersama sama beriringan.
         Sekitar pukul 13.30 seluruh peserta tiba di Yayasan Bahrul Ulum, dilihat dari jauhnya jarak memang benar yayasan tersebut berada di pelosok Malang. Di Yayasan ini  terdapat dua ruangan kelas, satu ruangan kepala yayasan dan tepat disamping yayasan tersebut terdapat sebuah masjid. Acarapun dimulai pukul 14.00 setelah semua adik adik berkumpul di ruangan. Adik adik yayasan bahrul ulum ini rata rata duduk di bangku Sekolah Dasar.
            Acara diawali dengan sambutan dari Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat, disusul dengan sambutan dari Ketua Himpunan dan kemudian sambutan dari Bapak Ketua Yayasan Bahrul Ulum sendiri. Berhubung peserta pengmas adalah adik adik , tema acara ini lebih santai dan mengajak adik adik untuk bermain dan bernyanyi bersama. Ternyata peserta didik di yayasan ini sangatlah aktif, mereka memiliki interaksi yang baik dengan kakak kakak dari himap.
         Salah satu bentuk permainan dari panitia sendiri yaitu permainan sederhana seperti Ular tangga. Dalam permainan ini tidak hanya adik adik, melainkan semua pengurus himap yang hadir pada saat itu juga ikut larut dalam permainan. Kemudian ada juga sesi dimana adik adik yang berani menerima tantangn dari pembawa acara kita, misalnya bernyanyi di depan teman temannya.
         Selain itu, adik adik dihibur juga dengan penampilan sulap  singkat dari pengurus himpunan. Pukul 15.00 adik adik diberi waktu untuk makan bersama. Setelah panitia membagikan konsumsi kepada adik adik , doa bersama yang dipimpin salah satu dari adik adik yayasan pun dimulai.
         Memasuki waktu sholat ashar, adik adik pun bersama sama sholat di masjid yang berada tepat di samping yayasan mereka. Karena mereka masih kecil, pada saat mengambil air wudhu didampingi oleh kakak kakak dari pengurus himap hingga pada akhirnya mereka shalat bersama-sama.
      Sebelum acara penutupan, ada satu game lagi yang disiapkan oleh panitia. Game ini yaitu memindahkan karet dengan sedotan, kelompok mana yang dapat memindahkan karet terbanyak itulah yang menang. Permainan kali ini dilakukan di halaman depan Yayasan Bahrul Ulum. Terlihat sekali adik adik sangat antusias mengikuti permainan ini, terlihat dari semangat mereka saat permainan dimulai. Dengan didampingi oleh kakak kakak pengurus himap , mereka berlomba mengumpulkan karet terbanyak dengan waktu tercepat. Selama acara berlangsung, gelak tawa dari adik adik yayasan mendominasi suasana pengabdian masyarakat.
       Setelah game berakhir, acarapun berakhir. Sebelum dipersilahkan pulang, adik adik dikumpulkan di ruangan untuk sesi penutupan. Penutupan ini sekaligus juga penyerahan fandel dari Himap kepada pihak Yayasan. Tak lupa, kakak kakak menyempatkan berfoto bersama adik adik dari Yayasan Bahrul Ulum sebelum mereka pulang. Disamping itu ada sedikit hadiah kecil yang telah dipersiapkan himap untuk adik adik dari Yayasan Bahrul Ulum dan diberikan sembari mereka berjalan pulang.
      Pengabdian Masyarakatpun selesai tepat pukul 17.00 WIB. Dari terlaksananya kegiatan ini banyak manfaat yang didapatkan, baik untuk yayasan dan pengurus himpunan sendiri. Dengan kehadiran kakak kakak dari pengurus himap ini sebagai bentuk variasi belajar baru untuk adik adik di yayasan. Dari kegiatan ini pula kita diajarkan bagaimana membaur dengan lingkungan sosial disekitar kita untuk bisa mendedikasikan diri belajar dan bermain bersama adik adik Yayasan Bahrul Ulum, Desa Kucur, Kecamatan Dau , Malang.
           

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar