Senin, 12 Mei 2014

GATHERING #1

“RUN HIMAP RUN !!”



          Sebagai suatu divisi dari Himap yang menangani segala urusan dalam rumah tangga himpunan, Kaderisasi kembali menjadi penanggungjawab proker himap yang disebutnya sebagai Gathering. Gathering ini sendiri diadakan sebagai bentuk betapa pentingnya kedekatan itu terjalin, baik antar sesama pengurus dan antar divisi dalam Himap.
      “Run Himap Run”, seperti itulah judul yang diusung oleh panitia gathering pertama kali ini. Kegiatan gathering ini dilaksanakan pada hari Minggu, 4 Mei 2013 yang diikuti oleh seluruh pengurus Himap tahun kepengurusan 2013/2014. Dalam proker himap kali ini, kepanitiaan diisi oleh pengurus himap dari divisi kaderisasi sendiri dengan ketua pelaksananya Taufik Ismail.
         Agar kesolidan setiap divisi lebih hidup, panitia mewajibkan setiap divisi memakai baju dengan warna tertentu. Divisi Ekternal dengan warna putih, divisi Minfokom warna hijau, divisi KWU berbaju hitam, divisi Minbak merah, divisi Pendidikan dan Penalaran orange, dan Kahim Wakahim warna merah muda serta Sekertaris Bendahara berbaju kuning. Selama acara pun semua pengurus diwajibkan memanggil pengurus lain dengan imbuhan “kakak sayang”.
        Pembukaan dilaksanakan di Gedung B lantai 7 sekitar pukul 08.00. Dekorasi ruangan yang telah dipersiapkan oleh panitia menambah suasana ceria pembukaan gathering ini. Foto-foto dari kegiatan sebelumnya ditempel mengelilingi ruangan sehingga peserta dapat meilihat-lihat momen momen yang telah diabadikan itu. Pembukaan acara ini diawali dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana dan Ketua Himpunan Mahasiswa Pemerintahan. Selanjutnya yaitu sesi menonton film pendek yang telah disiapkan oleh panitia. Tidak hanya sekedar menonton, setelah film berakhir beberapa pengurus diberi kesempatan untuk menyampaikan esensi dari film film tersebut.
         Acara pembukaan pun selesai, kini masuk pada acara inti dari gathering ini. Setiap divisi akan dipecah untuk mencari 6 yang telah disediakan panitia. Pos-pos ini tersebar diseluruh pelosok Universitas Brawijaya Malang dimana disetiap pos-pos tersebut akan disiap satu game yang harus dilalui setiap divisi. Sebelum disebar, panitia memberi clue pada setiap divisi. Clue tersebut ditulis di sebuah bentuk origami yang berbeda-beda setiap divisinya.
            Keunikan dari setiap clue yang diberikan ini beragam, ada clue yang menyertakan foto lokasi yang harus dituju dan clue-clue lain dengan kode dan kata kata yang cukup menguras pikiran untuk mencarinya.


Pos 1
            Clue yang diberikan untuk pos ini berupa foto, dalam foto tersebut terdapat tampak belakang gedung rektorat . Pos ini berada di FPIK dan game yang harus diselesaikan di pos ini yaitu memindahkan kelereng. Anggota divisi berdiri membentuk satu baris, pengurus yang baris paling depan mengambil kelereng yang berada di tepung dengan menggunakan mulut. Selanjutnya kelerang tersebut diberikan pada teman dibelakangnya dan teman dibelakangnya menerima dengan sendok yang terbuat dari daun pisang. Begitu seterusnya sampai kelereng sampai ke pengurus di barisan paling belakang sebelum akhirnya kelereng diletakkan dalam gelas. Waktu tercepat dan kelereng terbanyak yang dikumpulkan menjadi indikator pemenang game di pos pertama ini.
Pos 2
            Selanjutnya pos kedua di depan gedung Pascasarjana Pertanian dengan tantangan memindahkan belut. Clue yang diberikan berupa foto gedung tersebut. Sekalipun setiap divisi mengalami kesulitan dalam memindahkan belut, semua anggota divisi tetap berusaha keras, sekalipun tak sedikit dari mereka yang takut ataupun jijik memegang hewan satu ini.
Pos 3
            Clue yang diberikan kepada setiap divisi untuk pos ketiga ini yaitu “jumat pagi, makan gratis”. Clue ini mengarah pada kegiatan senam yang diikuti pembagian makan gratis yang rutin dilaksanakn UB setiap jumat pagi bertempat di Gazebo FK. Di pos 3 ini geme yang diadakan yaitu memindahkan air dari satu wadah ke di lain sisi. Dua orang yang mengambil air dari wadah pertama saling membelakangi dengan kaki terikat, kemudian dari gelas tersebut dituangkan ke gelas berikutnya dimana pengurus duduk dipangkuan tangan pengurus lain.

Pos 4
            Pos selanjutnya dengan kata kunci PUSAT yang ternyata ini mengarah ke lapangan Rektorat Universitas Brawijaya. Dalam permainan di pos ini, peserta dan dua orang panitia akan saling melempar plastik berisi air, siapapun yang terkena lemparannya, harus keluar dari permainan ini. Basah merupakan hal wajib dalam game di pos ketiga ini.
Pos 5
            Clue yang diberikan untuk pos ini yaitu “sesuatu yang tidak bisa dibeli dengan UANG” . sesuai dengan cluenya peserta harus menemukannya di FEB. Disini, game yang harus dilalui yaitu seluruh angggota divisi berdiri diatas sebuah banner persegi panjang dan harus membaliknya tanpa keluar dari are banner yang diinjak. Setelah itu, divisi diberi permainan memasukkan pensil ke dalam gelas dengan kondisi mata ditutup dan satu orang menjadi pemandu.


Pos 6
            Pos terakhir ini berada di tribun lapangan di samping Gedung Fisip Brawijaya. Di pos terakhir ini satu peserta dengan keadaan mata tertutup disuruh mengambil uang yang berada dalam dua kotak berbeda. Anggota divisi yang lain memberi arahan dimana kota tersebut. Lucunya, setiap kotak telah diisini oleh hewan hewan yang cukup menjijikkan, seperti jangkrik dan belatung. Meskipun begitu, permainan ini diikuti antusias oleh setiap divisi.
            Setelah berhasil melewati seluruh pos dan memenusi semua tantangannya, peserta gathering diberi kesempatan untuk melaksanakan sholat. Tidak berakhir sampai disini, gathering diakhiri dengan makan rujak bersama. Buah-buahan yang dibawa oleh setiap divisi dinikmati bersama diakhir acara gathering himap kali ini. Diakhir acara panitia memberikan award lucu dan unik untuk beberapa peserta dan divisi. Ada peserta terheboh, terlelet dan terempong. Kemudian ada pula award untuk divisi terheboh dan divisi terbaik selama gathering berlangsung.
            Serangkaian acara dari gathering ini bisa dibilang sederhana, namun ternyata esensi dari gathering ini luar biasa. Kerjasama tim yang rupanya menjadi tujuan utama gathering pertama ini benar benar membuahkan hasil. Rasa lelah tidak lagi dirasakan oleh seluruh pengurus selagi segalanya dilakukan bersama himap.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar