Minggu, 13 April 2014


Training of Organization “KITA SATU” merupakan satu dari sekian program kerja Himpunan Mahasiswa Pemerintahan Universitas Brawijaya. Dalam pelaksanaanya program kerja ini dibuat oleh Divisi Kaderisasi Himpunan Mahasiswa Pemerintahan yang bertujuan untuk mengajak para pesertanya belajar, berproses dan berkembang bersama-sama. TO ini diusung dengan tema seribu langkah untuk satu tujuan. TO dilaksanakan pada tanggal 28, 29 dan 30 maret 2014 di Villa Dumadi, Bumiaji, Batu, Malang, Jawa timur.
Sekitar satu minggu sebelum tanggal keberangkatan, diadakan Technical Meeting untuk persiapan keberangkatan mulai dari pembagian kelompok dan perlengkapan apa saja yang panitia haruskan utuk dibawa oleh para peserta TO. Uniknya, ada delapan kelompok peserta , 1 kelompok panitia dan satu kelompok steering comitee. Intinya dalam TO HIMAP kali ini semua menjadi peserta , tidak terkecuali panitia tentunya. Nama-nama kelompok pun diambil dari berbagai cerita rakyat Indonesia, ini akan mengingatkan kita tentang begitu kayanya cerita warisan nusantara.
Jumat, 28 Maret 2014
            Peserta TO KITA SATU memang didominasi oleh fungsionaris muda HIMAP angkatan 2013 dari kelas A,B dan C. Karena perbedaan jadwal kuliah, keberangkatan menuju Villa Dumadi dibagi menjadi dua kloter pemberangkatan. Kloter pertama, panitia dan pengurus HIMAP 2012 dan 2013 kelas C berangkat pukul 16.00 . Untuk pengurus HIMAP angkatan 2013 kelas A dan kelas B berangkat pukul 20.00. 

            Karena kloter pertama tiba di villa lebih awal, peserta mempersiapkan kelompok untuk penampilan Happiness Party. Nah, happines party ini akan diisi dengan penampilan dari setiap kelompok, mulai dari kelompok peserta, panitia sampai dengan kelompok steering comitee. Apa yang ditampilkan setiap kelompok adalah tantangan dari kelompok lain, begitu seterusnya. Disamping persiapan penampilan, peserta juga diberi waktu untuk ishoma.

               Pukul 21.00 disaat kloter 2 tiba di Villa, acara Happines Party pun berlangsung di Aula Villa Dumadi. Sebelum itu, ada sambutan dari Ketua Himpunan kita, Mochammad Agin untuk pembukaan Training of Organization disusul dengan sambutan dari Ketua Pelaksana TO “KITA SATU” Weroza Hukama. 

              Satu tradisi unik yang juga menjadi peraturan dalam TO KITA SATU ini yaitu semua peserta tanpa terkecuali diwajibkan memanggil peserta lain dengan imbuhan “kakak sayang” , baik ke kakak maupun adik tingkat sekalipun.
          Penampilan setiap kelompok dengan segala kelucuan dalam Happiness Party memecahkan suasana , gelak tawa dari seluruh peserta Training Organization memecah keheningan malam itu. Mulai dari penampilan drama, pantomim sampai dengan tarian dan senam ibu hamil.



           







   
         Acara Happiness Party berlangsung sampai sekitar pukul 23.30. sebelum para peserta dipersilahkan istirahat malam, ada evaluasi. Disini, panitia menerima segala bentuk keluhan dari peserta, mulai dari molornya waktu dari rundown dan lain lain. Hanya dalam evaluasi inilah peserta diberi kesempatan untuk “mengeluh” . Diluar itu , kegiatan harus dijalani dengan penuh suka cita bersama sama.
 

Sabtu, 29 Maret 2014
            Pagi pertama training organization diawali dengan kegiatan senam pagi. Seluruh peserta berkumpul di halaman depan Villa Dumadi untuk melakukan senam pagi sembari menikmati udara pagi di Batu. Setelah senam pagi, kita diajak keluar Villa Dumadi untuk sekedar lari kecil di pagi hari, rute nya melewati pemandangan yang cukup untuk merefresh pikiran. Pemandangan bukit di pagi hari dan melewati perkebunan apel menjadi kesan indah tersendiri untuk peserta training of organization kita satu.








            Sesi olahraga pagi selesai, untuk selanjutnya peserta diberi kesempatan untuk bersih diri sebelum masuk ke acara materi. Setelah sarapan, peserta training organization mengikuti pembekalan materi. Materi kali ini dibawakan oleh pemateri Bima Putra Semedhi dengan judul “Psikologi Organisasi”. Ilmu ilmu baru banyak didapatkan dari hasil pembekalan materi ini, salah satunya pengaruh organisasi terhadap anggota-anggotanya dan kita diajak belajar merefleksikan seperti apa jiwa jiwa leadership yang harus di eksplore dari dalam diri kita.
            Sebelum masuk ke materi ke dua, kita ice breaking. Ice breaking ini semacam pendinginan yang diberikan oleh Kahim dan Wakahim HIMAP. Dengan game game kecil yang tentunya memancing dan menghidupakn susasana ceria para peserta training organization. Menjelang sore hari, pemateri kedua hadir di Aula Villa Dumadi. Andy Ilman Hakim yang merupakan ketua BEM FISIP 2013/2014 memberikan materi mengenai “Manajemen Konflik”. Disini kita belajar bagaimana sebuah konflik bisa muncul dan diatasi dalam sebuah organisasi. Di akhir materi, kita diajak untuk melakukan simulasi Musyawarah Besar sebagai satu bentuk nyata manajemen konflik. 
Malam harinya, TO kedatangan tamu dari angkatan atas Ilmu Pemerintahan. Talkshow ringan sekaligus sarana berbagi kasih malam itu tentang sejarah berdirinya Himpunan Mahasiswa Pemerintahan. Bisa dibilang tamu kita ini merupakan orang yang benar benar turun tangan langsung dalam berdirinya himpunan sekitar tahun 2010. Mereka adalah Angga Sumara, Dedi Zulkarnain, Dini Larasati dan Kahim 2013/2014 Firman Romadhon.



Malam kedua TO terasa lebih hangat saat acara api unggun dan barbeque party di halaman depan Villa Dumadi. Diiringi akustik dan menyanyi bersama menjadikan TO benar benar more fun seperti yang dijanjikan oleh panitia sebelumnya. Dinginnya batu malam itu benar benar terkalahkan dengan hangatnya kebersamaan yang dibangun peserta training organization.
Istirahat malam menutup rangkaian acara di hari sabtu. Namun, disela sela tidur malam itu peserta fungsionaris muda dibangunkan oleh panitia. Ternyata, puncak acara malam itu adalah renungan malam, tepat pukul 02.00 dinihari. Renungan malam tersebut dilaksanakan di Aula Villa Dumadi dengan dibacakannya sabdatama pengurus HIMAP. Renungan malam diakhiri dengan seluruh fungsinaris muda meminum teh dari satu gelas yang sama secara bergiliran. Ini merupakan simbolik bahwasannya apa yang akan mereka alami kedepannya akan dirasakan bersama-sama, baik senang maupun susah selama satu tahun ke depan.
 Minggu, 30 Maret 2014
   Minggu , 30 maret 2014 menjadi hari terakhir dari kegiatan training of organization KITA SATU. Setelah peserta berkumpul untuk makan pagi, acara selanjutnya adalah game seru. Dari delapan kelompok diacak untuk saling diadu dalam empat jenis game. Mulai dari memindahkan kelereng, memindahkan air dengan pipa berlubang sampai dengan lomba makan kerupuk dengan mata tertutup. 


           Namun ternyata, game tersebut bukanlah acara penutup TO kali ini. Usai game berakhir, seluruh peserta berkumpul dan duduk di aula dengan mata tertutup. Tanpa sepengetahuan fungsionaris muda, mereka satu persatu dituntun keluar Aula dan pada akhirnya satu persatu fungsinaris muda disiram dengan air kembang. Sesi “siraman” ini merupakan simbolik dari ucapan selamat datang untuk para pengurus baru di Himpunan yang akan berkontribusi untuk satu tahun ke depan. 










             
                  



           Dengan selesainya prosesi siraman itu, berakhirlah rangkaian acara Training Organization “KITA SATU” untuk tahun kepengurusan 2014/2015. Banyak manfaat yang mungkin tidak dapat diungkapkan satu persatu dari terlaksananya TO ini, baik manfaat individual bagi pengurus maupun bagi himpunan sendiri. Satu yang akan selalu teringat bahwasannya kebersamaan selama tiga hari menjadi langkah awal kebersamaan yang akan kita jalani kedepan. Bukan hanya materi , terlaksananya Training Organization ini menumbuhkan kesadaran bahwasannya kita telah terlahir dari satu lagi keluarga baru, keluarga tempat berproses dan berprofesional, Himpunan Mahasiswa Pemerintahan.












  Terima kasih
  ILMU PEMERINTAHAN UNTUK INDONESIA
  HIMAP JAYA !!

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar